Ukuran Concrete Pump Dan Metode Kerja

Ukuran Concrete Pump Dan Metode Kerja

Sahabat Potensi. Ukuran Concrete Pump. Secara umum kita sudah mengerti bahwa concrete pump ialah pompa beton yang berfungsi untuk mentransfer beton ke lokasi pengecoran. Jenis alat berat ini sangat efektif membantu dan mempermudah pengerjaan konstruksi. Alat ini berupa pompa tunggal, sering disebut juga pompa portable atau pompa kodok. Fungsinya bisa maksimal dengan ditarik oleh kendaraan lain yakni concrete pump truck.
Ukuran Concrete Pump
Ukuran Concrete Pump

Mengenal Ukuran Concrete Pump

Sepertti yang kita tahu bahwa ada berbagai jenis concrete pump. Dan jenis inilah yang mempengaruhi ukurannya. Kita akan membahasnya satu persatu secara detail:
  • Concrete pump standart

Inilah jenis concrete pump yang sering digunakan untuk konstruksi. Keuntungannya ialah tidak dibutuhkan lahan yang luas untuk operasionalnya. Apalagi boom, atau lengan robot, untuk transfer beton cor, juga cukup panjang. Sehingga memungkinkan untuk  memindahkan beton cor dengan lebih efisien. Berikut ini ukuran dari concrete pump jenis standart: Panjang boom mencapai 18 meter hingga 21 meter Lebar kendaraan/ truck ialah 2,8 meter dengan panjang 8,2 meter  
  • Mini concrete pump

Seperti namanya, concrete pump mini berukuran kecil hingga mudah diaplikasikan di tempat yang sulit dijangkau sekalipun. Ukuranya ialah: Panjang boom atau lengan mencapai 9 hingga 12 meter Lebar kendaraan/ truck ialah 2,4 meter dengan panjang 7 meter  
  • Longboom concrete pump

Ukuran truck untuk jenis pump ini sesuai standart. Yang membuatnya unik ialah panjang dari boom atau lengannya. Berikut ini ukuran concrete pump longboom: Panjang boom atau lengan mencapai 27 meter Lebar kendaraan atau truck ialah 2,8 meter dengan panjang 12 meter.  
  • Super longboom concrete pump

Dari beberapa jenis concrete pump sebelumnya. Super longboom concrete pump, memiliki boom atau lengan yang lebih panjang. Sehingga bisa dipakai, untuk lokasi konstruksi, pada bangunan  yang memiliki 5 hingga 6 lantai. Berikut ukuran super longboom concrete pump: Panjang boom atau lengan  mencapai 32 hingga 36 meter Lebar kendaraan atau truck ialah 2,8 meter dengan pajang kendaraan 12 meter.  
  • Master longboom concrete pump

Seperti namanya, keunggulan dan keunikan dari jenis concrete pump ini ialah lengannya yang sangat panjang. Berikut ukuran detailnya: Panjang boom atau lengan mencapai 46 meter Lebar kendaraan ialah  2,8 meter dengan panjang 12 meter  
  • Portable concrete pump

Sering pula disebut dengan pompa kodok yang mampu mendistribusikan beton cor ke lokasi konstruksi. Panjang yang bisa dijangkau untuk mentransfer beton cor ialah 500 meter secara horizontal. Dan untuk ketinggian, mampu mencapai lantai 10 sebuah gedung bertingkat.  

Metode Kerja Concrete Pump

Concrete pump tak bisa dipisahkan dari mixer truck yang mengolah beton cor didalamnya. Rangkaiannya terdiri dari boom atau lengan robot yang memungkinkan pompa menyalurkan beton ke ketinggian atau jarak tertentu baik vertikalmaupun horizontal. Untuk pengecoran yang dilakukan di lantai, pada gedung tinggi. Panjang lengan atau boom ini, ditentukan terlebih dahulu, hingga bisa menjangkau lokasi tersebut. Caranya yakni dengan menyambung pipa secara vertikal sesuai panjang yang dinginkan. Kelebihannya ialah bahwa pipa atau lengan ini dapat di sesuaikan dengan kondisi lokasi proyek. Bahkan pipa ini bisa dipasang untuk kondisi proyek horizontalmaupun miring. Pergerakan lengan atau boom ini sendiri diatur dengan remote control hingga lebih mudah dikendalikan oleh operator. Demikianlah gambaran cara kerja atau metode dari concrete pump. Tidak serumit yang kita lihat, karena teknologi sudah canggih hingga mempermudah setiap pengerjaan proyek yang sulit sekalipun.
  Baca Juga Harga Sewa Pompa Beton Terbaru
     

Informasi & Pemesanan

Kata kunci yang masuk:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *