Bisakah Melakukan Pengecoran Saat Hujan?
Sahabat Potensi. Ketika kita sedang mengerjakan suatu proyek, seperti membangun rumah atau bangunan lainnya, permasalahan terbesarnya adalah cuaca. Kita bisa menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hal yang disebabkan manusia, dan bisa mencari solusinya. Namun apabila masalah itu datang dari alam, akan sangat sulit menyelesaikannya. Nah berbicara soal itu, tentunya kita semua penasaran, bagaimana jika kita sedang membangun bangunan, namun saat itu hujan. Bisakah kita tetap melanjutkan pekerjaan? Bisakah kita melakukan pengecoran saat hujan datang?
Pengecoran Saat Hujan
Pengecoran Saat Hujan

Bisakah Melakukan Pengecoran Saat Hujan?

Pertanyaan ini kerap kali muncul dari banyak orang yang sedang mengerjakan suatu proyek. Hal ini dikarenakan adanya jadwal dan target dan sering kali mereka mengabaikan faktor alam demi mendapatkan bangunan atau pun jalan yang awet dan kokoh hingga bertahun-tahun lamanya. Nah, pasti salah satu permasalahannya adalah pengecoran yang dilakukan di saat musim hujan. Sudah sangat pasti, ketika kita melakukan pengecoran saat hujan apalagi ketika hujan tepat datang, kualitas beton akan terpengaruh. Misalnya saja pada jalan. Pengerjaan pengecoran pada jalan di saat ada hujan bisa berpengaruh kepada batu, bahan semen, dan juga pasir yang sangat besar resikonya tidak bisa menyatu dan juga membeku untuk menghasilkan beton yang kualitasnya bagus. Hasil pekerjaan tidak akan optimal apabila hujan turun sepanjang hari dan pengerjaan bangunan atau jalan tidak menggunakan alat yang memadai seperti misalnya pemadat beton.

Apa Boleh Mengecor Saat Hujan?

Selain pertanyaan baik atau tidak melakukan pengecoran saat hujan, bisa kah mengecor saat hujan, pertanyaan lainnya adalah boleh atau tidaknya melakukan pengecoran di saat hujan. Akan sangat lebih baik jika diadakan uji laboratorium guna mengetahui kadar kekuatan dari beton khususnya untuk bangunan-bangunan dan juga jalan-jalan yang menjadi fasilitas publik. Secara teori, pengecoran di saat hujan turun sebenarnya masih boleh jika, hujan tak terlalu deras. Jika hujan tidak terlalu deras maka tidak akan membuat campuran menjadi amat sangat encer. Apabila hal yang tidak bisa dihindari datang, misalnya waktu pengerjaan proyek bangunan atau jalan sangat mepet, maka pengecoran harus di lakukan di bawah pelindung hujan sampai beton sudah ter-set dengan maksimal.

Beberapa Hal yang Harus diperhatikan Saat Melakukan Pengecoran

Saat melakukan pengecoran, kita harus memperhatikan beberapa hal yang penting seperti contohnya di bawah ini agar mendapatkan beton yang berkualitas prima.
  1. Kita harus memastikan bahwa begisting atau nama dari alat pengetak cor sudah sesuai dengan keinginan, sudah sesuai bentuknya, dan juga bersih dari bahan-bahan organik serta kotoran. Pastikan juga tidak ada bocoran dan tidak berlubang.
  2. Prinsipnya yang penting adalah transportasi beton harus segera dilakukan secepat mungkin demi menghindari material yang tercecer dan juga segregesi, pengangkut material yang dibutuhkan misalnya saja gerobak dorong, ember, truk beton dan juga pompa beton.
  3. Melakukan slump test.
  4. Pastikan juga bahwa tulangan telah sama dengan perencanaan dan juga beton deking telah berada tepat pada posisi. Jangan lupa juga bahwa tulangan juga mesti bersih dari bahan-bahan organik dan kotoran.
  5. Alat-alat pengecoran harus lengkap.
  6. Idealnya, pengecoran dimulai dari tempat yang paling jauh.
  7. Pengecoran dilakukan secara henti, terus-menerus.
  8. Pasca pengecoran, maka akan lebih baik jika melakukan perawatan beton.
Nah itu lah beberapa hal penting tentang pengecoran dan apakah pengecoran bisa dilakukan ketika hujan turun. Semoga bermanfaat!
Baca Juga Harga Beton Cor Terbaru

Informasi & Pemesanan

Kata kunci yang masuk:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *