Jenis Pompa Beton Untuk Teknik Pengecoran Struktur Bangunan

Jenis Pompa Beton Untuk Teknik Pengecoran Struktur Bangunan

Sahabat Potensi. Jenis pompa beton.  Dalam konstruksi dan proyek, ada banyak istilah yang perlu dipahami. Termasuk berbagai alat atau material yang dibutuhkan untuk mewujudkan konstruksi yang kokoh dan berkualitas. Salah satunya ialah pompa beton. Pompa beton sering pula disebut, dengan istilah concrete pump. Yakni alat yang dipakai, untuk transfer cairan beton cor, yang sudah jadi. Pemindahan ini dilakukan, dengan pompa yang telah dirancang, sedemikian rupa, berupa alat berat di lokasi konstruksi.
Jenis Pompa Beton
Jenis Pompa Beton
Kelebihan dari pompa beton ini, salah satunya ialah, dapat mencapai gedung tinggi, atau  bertingkat. Sehingga memungkinkan terjadinya pengecoran. Pompa beton ini sendiri, tidak berdiri sendiri, namun terpasang pada sebuah truk, atau trailler yang ditambahkan dengan tangan robot. Sehingga bisa mencapai ketinggian, atau jarak tertentu, untuk menyalurkan beton cor.

Jenis pompa beton yang perlu diketahui

Pompa beton standar disebut juga dengan concrete pump

Merupakan jenis pompa beton yang dipakai untuk bangunan-bangunan rendah dan tidak diperlukan untuk mencapai tempat yang tinggi. Penggunaannya biasanya untuk pembangunan  rumah, mall, maupun ruko. Karakteristiknya ialah untuk bangunan di bawah 20 meter.  

Pompa Beton Longboom disebut juga Concrete Pump Longboom

Merupakan jenis pompa beton yang digunakan untuk  membantu memindahkan beton cor pada pembangunan gedung-gedung yang memiliki ketinggian diatas 20 meter. Contohnya ialah gedung kantor atau ruko yang memiliki 5 hingga 7 lantai. Untuk concrete pump ini menggunakan concrete pressure antara 8 mpa hingga 40 mpa atau 80 bar hingga 400 bar. Pemilihannya ialah tergantung seberapa tinggi gedung konstruksi tersebut.  

Pompa Beton Kodok disebut juga Forteble

Merupakan pompa beton, yang dipakai untuk mengerjakan ; Bangunan-bangunan proyek berupa jety, bendungan, subway, pondasi (PLN, menara telephone), jalan sempit dimana mobil tidak mampu melintas. Jangkauan horizontalnya bisa mencapai 120 meter hingga 170 meter. Untuk jenis pompa beton ini, keunggulannya bukanlah seberapa tinggi gedung, yang bisa dicapai secara vertikal. Namun seberapa jauh, yang bisa dijangkau pompa, secara horizontal atau mendatar.  

Pompa Beton Mini disebut juga Concrete Pump Mini

Merupakan jenis pompa beton yang berasal dari Jepang, yang digunakan untuk bangunan yang berada di jalanan sempit. Lebih khusus lagi, jenis pompa beton ini, digunakan untuk menyalurkan beton cor. Untuk bangunan rumah, atau ruko, yang terdapat di dalam jalan kecil. Yang hanya dibisa dilalui, oleh satu mobil roda empat. Nah, demikian tadi beberapa jenis pompa beton atau concrete pump yang sering dipakai dalam istilah konstruksi. Nama dan fungsinya berbeda sesuai dengan kebutuhan masing-masing bangunan.  

Pekerjaan Lebih Efektif dan Efisien

Kecanggihan dari alat-alat di atas, memungkinkan untuk membangun, gedung-gedung bertingkat tinggi. Yang tak mungkin bisa dijangkau, tanpa alat berat, dan selang beton cor, yang memungkinkan. Maka tidak heran jika biaya untuk sebuah kosntruksi sangat mahal, dikarenakan teknologi yang dipakai juga tidaklah murah dan sederhana. Penggunaan pompa beton ini, memungkinkan juga untuk menyelesaikan, suatu pengerjaan konstruksi. Dalam waktu yang lebih singkat, Sehingga lebih efisien, dan juga lebih hemat tenaga manusia. Apalagi dengan remote control yang sudah cnaggih secara teknologi, membuat pemindahan beton cor jauh lebih mudah dan juga lebih cepat. Selain itu, kelebihannya bukan hanya memindahkan beton cor pada tempat tinggi atau tempat sempit yang bisa saja, namun juga bisa memindahkan beton cor, dalam volume yang tinggi sekaligus dalam satu kali tuang. Inilah yang menjadi kelebihan, dari pompa beton yang sering dipakai dalam  konstruksi.
  Baca Juga Harga Sewa Concreate Pump Terbaru

Informasi & Pemesanan

Kata kunci yang masuk:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *