Cara Praktis Mengerjakan Proyek Struktur Bangunan Dengan Beton Cor

Cara Praktis Mengerjakan Proyek Struktur Bangunan Dengan Beton Cor

Sahabat Potensi. Untuk membangun sebuah struktur bangunan, banyak elemen yang kita butuhkan. Salah satunya ialah beton cor. Jenis beton cor ini sendiri ada dua, yakni readymix precast atau readymix pra cetak dan juga readymix.

Masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan tersendiri. Namun saat ini, masih banyak yang menggunakan readymix, sebagai solusi praktis dan juga mudah. Untuk jaminan kualitas struktur bangunan sebuah pekerjaan.

Selain itu, dalam teknik sipil juga dikenal pula jenis beton sitemix. Jenis readymix yang satu ini merupakan beton cor yang dibuat di lokasi proyek.

Caranya yakni dengan mencampurkan material pembentuk readymix atau elemen pembuatannya. Material utamanya ialah semen, split, air dan pasir. Semuanya dimasukkan ke dalam molen atau concrete mixer dengan takaran yang sudah ditentukan sebelumnya.

Beton

Sedangkan readymix dibuat di batching plant baru kemudian dikirim ke lapangan atau lokasi proyek.

Bentuk beton cor ini ialah adonan yang siap tuang atau siap pakai memakai truck jenis mixer. Saat ini, readymix banyak dipilih karena memiliki berbagai keunggulan. Beberapa diantaranya akan dibahas di bawah ini:

Keunggulan readymix

  • Mudah dalam pembelian material

Untuk membuat readymix, caranya cukup mudah meski harus memperhatikan berbagai pertimbangan, seperti jumlah bahan yang dibutuhkan. Untuk penyediaan material, maka tinggal sebutkan mutu beton cor seperti apa yang dibutuhkan untuk struktur yang dikerjakan. Barulah bisa ditentukan kebutuhan material pembuatan readymix yang diinginkan. Biasanya dihitung dalam satuan m3.

  • Waktu pembuatan lebih efisien

Kenapa bisa demikian? Karena sudah tersedia lokasi tersendiri, untuk pencampuran material, dan pengadukan. Hingga memungkinkan waktu lebih hemat, dan efisien. Dibandingkan dengan pembuatan beton cor di lokasi proyek.

Selain itu, tenaga kerja yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak. Inilah salah satu keuntungan readymix dibanding site mix.

  • Jaminan kualitas yang terjamin

Dari pemilihan bahan baku hingga takaran material, semua sudah diperhitungkan dengan detail dan matang. Komposisi material pembentuk readymix diaduk lebih konsisten dengan molen yang kemudian baru dikirim ke lokasi pembanguann struktur.

  • Menghasilkan Readymix berkulitas dan bermutu tinggi

Menghasilkan beton cor dnegan mutu yang tinggi, bukanlah sesuatu yang mudah diwujudkan. Bisa dikatakan bahwa readymix, hasilnya lebih terjamin secara mutu. Dibandingkan dengan beton cor site mix, yang terbatas dalam peralatan, tenaga kerja dan pengendalian mutunya.

Selain kelebihan, tentu selalu ada kekurangan. Ada beberapa kelemahan dari penggunaan readymix ini sendiri.

Readymix

  • Biaya sedikit lebih mahal

Dengan semua keistimewaannya, pembuatan readymix ternyata lebih mahal dibanding dengan beton cor site mix. Namun seiring dengan harganya yang lebih mahal, kualitasnya juga lebih bisa dijamin dan dipertanggungjawabkan.

  • Tergantung pada adanya batching plant di lingkungan proyek

Untuk pembuatan readymix memang tidak semudah readymix site mix, karena butuh alat dan juga tenaga kerja khusus. Terlebih harus ada pula batching plant di lokasi proyek jika ingin membuat readymix.

Dibalik kelemahan readymix, secara kualitas jenis readymix ini cukup unggul hingga masih banyak digunakan untuk banyak proyek bangunan. Maka tak heran jika eksistensinya masih terdepan.

Apalagi kini banyak supplier, yang sudah menyedikan truck mixer sendiri. Untuk pelayanan terbaik readymix, sesuai dengan kebutuhan, baik dalam voume kecil, sampai volume besar.

Baca Juga Harga Readymix Terbaru

Informasi & Pemesanan

Kata kunci yang masuk:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *