Manfaat Beton Cor

Manfaat Beton Cor

Sahabat Potensi. Manfaat Beton Cor. Untuk sebuah konstruksi, adanya beton cor sangatlah penting. Maka dari itulah, pemilihan bahan dan jenis beton yang akan digunakan sangat penting dalam hal ini.

Dari sekian banyak jenis beton, elemen pembuatannya cukup umum atau hampir sama, yakni pasir, kerikil, semen, dan juga air. Kadang pula ada tambahan bahan  lain, seperti bahan additif yang memiliki sifat kimiawi atau fisikal.

Semuanya dijadikan satu atau dicampur hingga menjadi kesatuan yang homogen dan akhirnya menjadi batuan keras. Baru kemudian bisa digunakan untuk sebuah konstruksi.

Manfaat Beton Cor
Manfaat Beton Cor
Beton cor sendiri memilki banyak manfaat dalam konstruksi, meskipun sering dikatakan bahwa sebenarnya beton merupakan batuan tiruan. Kenapa demikian? Beton cor merupakan jenis batuan yang dibuat manusia yang memilki rongga-rongga diantara butiran besar atau agregat kasar dan agregat halus. Diantara rongga atau pori-pori tersebut kemudian diisi oleh semen. Fungsinya sendiri ialah sebaga perekat maupun pengikat dalam proses pengerasan batuan itu sendiri.

Manfaat beton cor

Manfaat beton cor. Sebuah beton dibentuk berdasarkan kebutuhan masing-masing konstruksi. Maka sering kita jumpai bahwa bentuk dan jenisnya berberda-beda. Misal beton cor untuk konstruksi jembatan jelas beda untuk beton konstruksi area parkir. Meskipun demikian,  dengan menggunakan beton cor, dapat diperoleh banyak manfaat, seperti tahan terhadap perubahan cuaca yang ekstrim. Selain itu, biaya pemeliharaan beton cukup mudah dan murah.

Secara rinci, berikut ini beberapa manfaat beton cor yang perlu kita ketahui:

  • Beton cor yang dibuat dengan bahan berkualitas akan mampu menahan tekanan atau beban dengan baik.
  • Sifat beton cor ialah tahan terhadap korosi atau pembusukan terhadap lingkungan di sekitarnya. Jadi meskipun terkenahujan maupun panas ekstrim, beton cor tetap akan kokoh.
  • Beton cor dapat dicetak berdasarkan kebutuhan dan keinginan.
  • Hasil dari adukan semua material dari beton cor ini dapat digunakan untuk menambal retakan pada sebuah kosntruksi atau area. Dapat pula digunakandalam proses perbaikan sebuah retakan jika ada.
  • Beton cor, dengan alat bantu yang memungkinkan dapat dituangkan ke konstruksi yang memiliki lokasi yang sulit. Misal di ketinggian gedung yang sulit dijangkau.
  • Betoncor maupun beton lainnya, tahan akan api atau tidak mudah terbakar. Sehingga memungkinkan memiliki umur yang lama untuk sebuah bangunan atau konstruksi.

Macam-macam beton cor

Seperti yang telah diutarakan di atas bahwa ada berbagai jenis beton cor. Biasanya klasifikasinya dibedakan berdasarkan mutu atau kualitasnya. Hal ini dilihat dari pertimbangan bahan baku,  proses pembuatannya, dan fungsinya pad bangunan.

Berikut ini beberapa jenis beton yang sering digunakan dalam konstruksi:

  • Beton cor bermutu K 175: digunakan untuk konstruksi bangunan ringan
  • Beton cor bermutu K 225: digunakan untuk bangunan ruko atau perumahan yang memiliki 2 lantai.
  • Beton cor bermutu K 250, hampir sama dengan K 225. Jenis ini digunakan untuk tempat tinggal, atau ruko 2 lantai yang harus menopang beban berat.
  • Beton cor bermutu K 300: digunakan untuk konstruksi sebuah bangunan baik ruko atau rumah yang memiliki 3 lantai.
  • Beton cor bermutu K 350. Digunakan untuk sebuah banguanan, baik ruko, atau tempat tinggal, yang memiliki 3 lantai hingga 5 lantai. Jadi bisa dibilang lebih kuat, dan bermutu.
  • Beton cor bermutu K 400: digunakan untuk jalan tol maupun jalan negara atau rigit jalan. Jenis beton ini sangat kuat dan tahan dari kerusakan akibat cuaca maupun lingkungan.
Ada beberapa jenis beton cor lainnya yang digunakan untuk kepentingan berbeda. Karenabeton cor sengaja dibuat untuk menenuhi kebutuhan konstruksi yang khusus atau berbeda fungsinya.  
  Baca Juga Harga Beton Cor Terbaru

Informasi & Pemesanan

Kata kunci yang masuk:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *