Memilih Beton Readymix Berkualitas Untuk Bangunan

Memilih Beton Readymix Berkualitas Untuk Bangunan

Beton cor merupakan suatu kebutuhan pada sbeuha konstruksi. Salah satunya yang banyak dibutuhkan ialah memilih beton readymix. Beton ini sendiri merupakan salah satu material utama dalam pembuatan struktur beton bertulang untuk sebuah konstruksi. Ada beberapa jenis beton yang dibedakan, dari tempat dan proses pembuatannya. Untuk beton bertulang, yakni beton site mix, dan beton readymix.
Memilih Beton Readymix
Memilih Beton Readymix
Beton site mix ialah ; jenis beton yang dibuat di lokasi konstruksi, dengan memakai material berupa ; semen, ramal, split, dan air yang dituangkan dalam molen, atau concrete mixer. Dengan cara atau tahapan tertentu. Sedangkan untuk beton readymix, ialah jenis beton cor yang dibuat di batching baru kemudian dikirim ke lokasi konstruksi. Hasil dari proses batching ini ialah dalam wujud adonan beton siap tuang. Pengiriman dilakukan dengan mixer truck.

Alasan memilih beton readymix

  • Kemudahan dalam pemesanan sesuai kebtuhan konstruksi

Untuk mendapatkan jenis beton readymix berdasarkan mutu dan kualitas, tinggal sebutkan saja penggunaan beton itu sendiri. Misal beton yang akan digunakan untuk jalan, area parkir, ruko, atau rumah 2 antai. Maka material yang dibutuhkan akan disesuaikan dnegan kebutuhan tersebut. Cukup mudah untuk pemesanan material,. Semua dihitung dalam unit m3.
  • Efisien waktu

Inilah salah satualasan kenapa banyak yang memilih beton readymix. Pasalnya, waktu pengecoran konstruksi akan jadi lebih cepat hingga menghemat pula tenaga kerja yang digunakan. Bisa dikatakan bahwa beton readymix ini lebih efisien dibanding dengan sewa pompa beton site mix.
  • Konsisten dalam pengadukan

Karena dibuat di batching tersendiri, maka pengadukan bisa dilakukan dnegan konsisten. Selain itu, komposisi material yang digunakan  juga bisa lebih dipantau. Demikian beberapa alasan memilih beton readymix  dibanding jenis beton site mix. Meskipun demikian, pemilihan jenis beton cor ini juga harus disesuaikandengan kebutuhan. Jika lokasi proyek tidak memiliki batching plant. Maka langkah yang diambil ialah memilih beton site mix, dengan berbagai alat yang bisa disewa.

Memilih Beton Readymix

Selanjutnya, jika memnag memutuskan untuk memilih beton readymix untuk konstruksi, perlu memperhatikan beberapa hal dalam memilihnya.
  • Menyiapkan dana lebih besar dibanding beton site mix. Hal ini karena diperlukan batching plant untuk peroses pembuatan beton serta sewa mixer truck untuk alat angkutnya.
  • Harus menyediakan batching plant di area kosntruksi untuk pembuatan beton readymix yang dikehendaki.
  • Menyewa concrete pump untuk sarana beton readymix hingga proses pengecoran bisa berjalan.
Meskipun terkesan rumit, dan tidak sepraktis beton site mix. Namun pemilihan beton readymix sendiri, banyak dilakukan, karena adanya jaminan mutu dan kualitas. Terlebih jika memikirkan unsur lingkungan. Pasalnya, beton readymix akan lebih ramah lingkungan, karena kurangnya suara bising, dan polusi udara di lokasi konstruksi. Sehingga lebih nyaman, bagi para pekerja, dan masyarakat sekitarnya.

Tinggal Pilih

Nah, sekarang tergantung pilihan mana yang akan diambil, apakah beton readymix atau site mix. Masing-maisng memiliki kelebihan dan kelemahan. Jika mempertimbangkan biaya, maka beton cor sitemix akan menjadi pilihan. Namun jika mempertimbangkan aspek lain, seperti lingkungandan juga kualitas beton cor, maka beton readymix yang akan jadi pilihan utamanya. Tenang saja, masalah material akan menyesuaikan dengan kebutuhan jenis konstruksi. Jadi tidak semuanya dipukul rata. Akan ada perhitungan tersendiri sebelum memulai sebuah proyek pengecoran. Jadi, pilihlah dengan bijak, sekiranya jenis beton cor mana yang akan diambil untuk proyek konstruksi Anda.  
  Baca Juga Harga Beton Cor Terbaru

Informasi & Pemesanan

Kata kunci yang masuk:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *